Blueprint Backlink: Pengertian, Manfaat, & Cara Membangun Backlink DOFOLLOW Berkualitas untuk Website

Posted on

NoPBN – Blueprint Backlink, Jenis dan Pengertian Kategory Backlink Buruk yang tidak Relevan, Sebagaimana diketahui bahwa Google semakin lama semakin mengembangkan mesin pencarinya, sehingga mau tidak mau teknik backlink pun semakin rumit.

Dulu, sekitar tahun 2000an, teknik membangun backlink begitu sederhana, cukup komentar ke berbagai blog maka ranking web kita sudah bisa naik.

Tapi sekarang, teknik mudah tersebut sudah tidak lagi jadi acuan, karena Google sendiri telah memberikan peringatannya terhadap para spammer yang melakukan teknik tersebut, terutama yang menggunakan kata kunci pada nama dari komentarnya.

Blueprint Backlink

Blueprint Backlink, Jenis dan Pengertian Kategory Backlink Buruk yang tidak Relevan
Blueprint Backlink: Jenis dan Pengertian Kategory Backlink Buruk yang tidak Relevan

Backlink adalah salah satu faktor penting dalam SEO. Pada dasarnya backlink adalah tautan pada sebuah halaman web yang mengarah ke situs lain.

Search engines seperti Google menganggap blueprint backlink sebagai salah satu cara memverifikasi otoritas dan relevansi dari situs web Anda.

Backlink juga bisa dikatakan sebagai tanda kepercayaan situs lain atas situs Anda. Biasanya backlink hanya akan diberikan kepada situs yang mempunyai otoritas dan konten terpercaya.

Nah jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang backlink, Anda berada di tempat yang tepat! Pada artikel ini, kami akan memberikan semua yang Anda perlu ketahui tentang backlink.

Untuk bisa lebih memahami cara membangun backlink ada baiknya kita mengerti terlebih dahulu pengertiannya. Sederhananya backlink adalah sebuah tautan atau link yang ditempatkan pada website orang lain dan mengarah ke website kalian.

Seorang yang sedang membangun backlink disebut sedang melakukan link building. Di dunia SEO sendiri menerapkan teknik SEO On Page dan SEO Off Page menjadi keharusan untuk memaksimalkan atau optimasi website mereka.

Dari kedua teknik tersebut backlink masuk pada strategi penerapan SEO Off Page yang juga perlu dimaksimalkan sebisa mungkin.

Jika kita cermati dari pengertian diatas memang penerapan membangun backlink terlihat sederhana dan mudah, namun demikian ada aturan dan pedoman yang baik untuk membangun backlink berkualitas.

Jangan sampai saat kita membangun backlink ini asal-asalan yang justru membuat peringkat website kita cenderung jelek di mata Google search.

Pengertian Backlink

Backlink membantu pengunjung website menemukan informasi tambahan yang tidak disediakan oleh situs web asli.

Dengan menambahkan backlink ke situs web lain, Anda dapat membuat konten berkualitas tinggi dengan informasi lengkap tanpa menyimpang dari ide utamanya.

Untuk alasan ini, jumlah backlink berkualitas yang Anda dapatkan dari situs web lain dapat menentukan posisi website Anda di SERPs (search engine result pages).

Semakin tinggi peringkat website Anda di SERPs, semakin bagus juga SEO website tersebut.

Seberapa Pentingkah Backlink Itu?

Setelah kita memahami dan mengerti apa itu backlink selanjutnya mari kita ketahui alasan mengapa backlink itu penting untuk website kita. Berikut mengapa salah satu teknik SEO Off Page yang satu ini termasuk yang penting untuk meningkatkan kualitas website kita:

Selain dari segi SEO, backlink juga mempunyai banyak manfaat lainnya. Berikut adalah beberapa keuntungan backlink untuk situs Anda:

  1. Meningkatkan exposure website Anda — semakin banyak backlink yang Anda dapatkan dari situs web lain, semakin banyak eksposure yang akan Anda terima dari traffic website tersebut.
  2. Meningkatkan kredibilitas website Anda — mendapatkan backlink berarti website Anda terpercaya dalam menghasilkan konten berkualitas tinggi yang layak dibaca.
  3. Meningkatkan peringkat pada SERPs — seperti yang sudah dibahas sebelumnya, backlink dapat meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di halaman hasil pencarian.
  4. Mempermudah website Anda terindex di search engine — semakin cepat proses pengindeksan di Google, Anda akan mendapatkan tingkat visibilitas tinggi dan juga trafik organik yang lebih banyak.
  5. Membangun hubungan dengan situs lain — backlink juga memungkinkan Anda membangun hubungan yang saling menguntungkan dengan situs web lain yang mempunyai niche sama.

Dengan Backlink Berkualitas Google Mudah Menemukan Website Kita

Saat Google search melakukan crawling atau perayapan untuk menemukan dan menampilkan hasil pencarian yang relevan dengan pencarian, maka Google search juga merambah pada link-link yang ada di database Google. Setelah melakukan perayapan atau crawling tersebut maka akan didapatkan hasil yang sesuai dengan kata kunci yang masukkan para pencari.

Nah backlink ini adalah layaknya kalian merekomendasikan suatu produk terbaik orang lain karena tahu produk tersebut baik. Dari link yang telah direkomendasikan website-website yang relevan maka google akan memunculkan hasil yang terbaik sesuai dengan kata kunci yang relevan juga.

Oleh karena itu saat membangun backlink yang berkualitas tidak boleh asal-asalan yang akan berpengaruh pada relevansi dan kualitas pencarian.

Backlink Meningkatkan Reputasi website di Google

Dari poin diatas tadi kami telah menyinggung reputasi website. Google tentunya ingin memberikan hasil pencarian yang paling terbaik untuk ditampilkan kepada pencari. Dari sini Google akan merekomendasikan hasil pencarian dari website-website yang lebih populer.

Dari backlink inilah reputasi sebuah website akan meningkat dengan catatan mendapatkan backlink yang berkualitas juga. Semakin banyak backlink berkualitas yang mengarah ke website kita maka reputasi website pun semakin baik di mata Google search.

Backlink Meningkatkan Kredibilitas Website di Google

Google search tidak hanya menilai reputasi dari seberapa banyak backlink yang dimiliki sebuah website namun juga menilai dari kualitas backlink yang relevansi dengan konten website tersebut.

Apa itu blueprint backlink yang relevan? Yaitu backlink yang didapatkan dari website atau blog dengan niche yang relevan, sama atau sejenisnya.Backlink Mendatangkan atau Meningkatkan Trafik Website

Setelah mendapatkan banyak backlink yang berkualitas website kita sudah mendapatkan reputasi yang baik dimata Google.

Saat ada pencarian maka website Anda adalah salah satu website dengan reputasi baik maka Google akan menampilkannya di ranking atas dari hasil pencarian. Dengan demikian peluang untuk mendapatkan klik pengunjung akan semakin besar juga.

Selain itu dari backlink yang ada pada website orang lain dengan reputasi yang baik dan juga visitor banyak akan bermanfaat pada website kita. Simpelnya ketika orang mengunjungi website dengan visitor banyak tersebut dan menemukan link atau tautan yang mengarah pada website kita maka otomatis kita juga akan mendapatkan visitor dari sana.

Strategi Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

Setelah kita mengerti pengertian dan pentingnya backlink maka kalian pasti penasaran bagaimana cara mendapatkan backlink berkualitas yang akan meningkatkan trafik ke blog atau website kita sebagai berikut:

Perhatikanlah relevansi konten terlebih dahulu, perlu diingat bahwa tingkat kesuksesan backlink ada pada relevansi konten yang kita miliki.

Semakin relevan konten yang akan menjadi backlink maka semakin berkualitas backlink yang kita dapatkan. Jika website kita ber-niche teknologi maka kita harus mencari backlink dengan pembahasan yang sejenis.

  • Menggunakan tool yang akan membantu dalam pencarian website dengan kata kunci yang relevan dengan website kita. Ada berbagai tool yang bisa kalian gunakan seperti Ubbersuggest, Ahrefs dani lain sebagainya.
  • Disitu kalian juga akan mengetahui website mana yang memiliki peringkat baik, kemudian silahkan dekati dengan cara personal ajukan tawaran yang saling menguntungkan melalui e-mail dan lain-lain.
  • Bergabung dengan website yang menyediakan content sharing seperti Hipwee, Medium, Reddit dan lain sebagainya. Disitu kalian bisa membuat artikel dengan mencantumkan link atau tautan website kalian.
  • Lakukanlah guest blogging, ya benar sudah sejak lama guest blogging menjadi salah satu alternatif untuk membangun backlink. Namun demikian harus tetap memperhatikan kualitas website tempatmu menulis artikel. Keuntungan dari guest blogging dari dua belah pihak yaitu kalian mendapatkan backlink sedangkan website host mendapatkan artikel update.

Beberapa Cara terbaik untuk mendapatkan backlink adalah melalui konten bermanfaat, berkualitas tinggi, dan juga informatif.

Jika konten website Anda berguna, semakin banyak orang yang akan mendapatkan keuntungan dari membacanya dan Anda akan mendapatkan backlink yang banyak.

Supaya bisa mendapatkan backlink dengan kualitas tinggi, Anda pun harus membuat konten yang sama berkualitasnya. Jadi, konten tersebut dapat membantu branding brand Anda secara menyeluruh di mata masyarakat, terutama warganet.

Namun jika sebaliknya, saat halaman situs Anda kualitasnya rendah, apalagi tidak ada informasi yang berharga di sana, tentu bisa menimbulkan penilaian negatif, dan audiens enggan berkunjung kembali.

Membuat Konten yang Jelas Menghasilkan Backlink

Tidak hanya sekadar teks artikel saja. Ternyata, ada beberapa jenis format konten yang kinerjanya jauh lebih bagus dalam mendapatkan backlink. Misalnya saja infografik, video, kuis, dan konten yang berisi tips atau tutorial. Nah, buatlah artikel dengan format tersebut, supaya nantinya ada situs lain yang membuat tautan ke artikel Anda.

Pada umumnya, konten berupa artikel panduan atau tutorial memiliki jumlah kata yang banyak dan juga komprehensif. Kinerja konten seperti ini jauh lebih bagus dibandingkan artikel pendek. Konten panduan lengkap akan dimanfaatkan sebagai artikel sumber atau referensi oleh situs lain, ketika mereka menulis topik yang serupa dengan Anda.

Ada banyak faktor yang terlibat dalam membuat konten yang bermanfaat. Berikut beberapa tips untuk membantu Anda menjadi lebih baik dalam menghasilkan konten terbaik untuk situs web Anda:

  • Pilihan gaya — gaya bahasa Anda mewakili brand dan situs web Anda. Untuk gunakan bahasa yang lebih konsisten dan enak untuk dibaca.
  • Pahami audiens Anda — jika Anda ingin memiliki pengguna yang setia, konten Anda harus memenuhi kebutuhan dan preferensi mereka.
  • Konten yang padat dan jelas — jangan terlalu banyak bertele-tele saat menulis konten Anda karena konten yang pendek dan jelas lebih enak untuk dibaca.

Berkolaborasi Bersama Influencer

Online influencer adalah individu yang mempunyai banyak pengikut pada platform media sosial tertentu. Beberapa contoh influencer yang sering Anda temui adalah blogger, videographer, atau juga tokoh terkenal Instagram.

Influencer mempunyai pengaruh yang cukup besar terhadap pengikutnya. Nah karena itulah berkolaborasi bersama influencer untuk saling bertukar backlink bisa sangat menguntungkan untuk Anda.

Meskipun mungkin tidak secara langsung mempengaruhi peringkat Anda, kolaborasi ini dapat meningkatkan eksposur dan pengenalan website Anda.

Strategi Broken Link

Broken link atau tautan yang rusak adalah tautan yang mengarah ke halaman atau situs yang sudah tidak ada lagi. Biasanya broken link akan menyebabkan error 404.

Broken link 404 memang cukup berbahaya untuk website Anda. Namun ternyata Anda bisa mengubahnya menjadi peluang yang menguntungkan SEO dan trafik Anda loh.

Untuk memanfaatkan peluang ini, Anda hanya perlu mencari situs dengan backlink yang error dan menghubungi webmaster website tersebut.

Selanjutnya, Anda bisa menawarkan webmaster tersebut untuk menggunakan konten Anda yang serupa dengan imbalan sebuah backlink.

Jika mungkin, Anda juga bisa menawarkan menulis konten baru yang sesuai. Dengan begini, Anda membantu webmaster mengoptimalkan situs web mereka dan juga mendapatkan backlink.

Namun perlu diingat cara ini hanya berlaku jika konten yang ada pada backlink relevan dengan niche dan jangkauan situs Anda.

Menulis Guest Post

Guest post adalah salah satu cara termudah dan tercepat untuk mendapatkan dan membangun backlink. Anda hanya perlu menulis konten untuk situs web lain dengan imbalan sebuah backlink ke situs Anda sendiri.

Umumnya guest post bisa dilakukan secara gratis. Namun ada beberapa website dan blog yang sudah menetapkan harga untuk setiap guest post dan link placement pada websitenya.

Saat melakukan guest post, pastikan untuk memilih situs dengan niche dan target audiens yang sama dengan website Anda untuk memudahkan proses penulisan.

Guest post termasuk cara menanam backlink yang sangat digemari. Alasannya, cara ini bisa menguntungkan kedua belah pihak, baik itu untuk Anda sebagai penulis, maupun untuk pemilik blog, di mana artikel Anda akan ditayangkan. Ada pun link ini bisa diletakkan di bagian biodata penulis, atau bisa juga berbentuk kutipan informasi yang ada dalam artikel (anchor text).

Buatlah Skyscraper Content

Setelah menemukan konten yang bagus di blog atau situs Anda, maka poleslah supaya lebih bagus lagi. Misalnya, dengan memperbaharui isi artikelnya, disesuaikan dengan perubahan yang terkini. Kemudian, tambahkan bagian yang masih kurang dan lainnya.

Dengan begini, besar kemungkinan artikel Anda akan muncul di page one. Dan akhirnya, banyak orang yang membaca serta menjadikannya referensi, sehingga dengan senang hati mereka memberi backlink.

Menggunakan Metode Broken Link Building

Cobalah menjangkau situs dengan outbound link yang rusak, lalu sarankan supaya mereka memperbaharui link tersebut ke salah satu halaman di situs Anda, yang berhubungan dengan artikel orang tersebut.

Pakai Strategi Branded dan Teknik Branded

Ketika Anda menerapkan teknik SEO dalam mendapatkan backlink dofollow berkualitas, maka coba mencontoh Brian Dean yang berasal dari backlinko. Ia membuat strategi dengan nama moving man method. Strategi membangun link yang berasal dari sumber yang telah out of date.

Kriteria dan Contoh Backlink Berkualitas

Backlink memang sangat bermanfaat dan memberikan keuntungan yang besar pada blog atau website dimata Google search. Namun demikian perlu memperhatikan hal-hal yang sangat berpengaruh pada kualitas backlink tersebut.

Misalnya saja kita secara acak menaruh backlink di suatu website yang tidak jelas dengan pengunjung yang sedikit maka bisa jadi website kita akan disejajarkan dengan website yang kurang berkualitas tersebut. Backlink yang berkualitas memiliki beberapa kriteria yang perlu kalian ketahui dari: trafik, relevansi, pengaruh (authority), kualitas outbound link, Google index, standar editorial.

Jenis Backlink

Backlink juga mempunyai banyak jenis, berikut adalah beberapa jenis yang mungkin bermanfaat bagi situs Anda:

  • Guest post backlink — terjadi saat Anda menulis guest post untuk situs web lain. Ini memungkinkan Anda untuk membangun kredibilitas dan kepercayaan website Anda.
  • Editorial backlink — backlink natural dari web lain ke situs Anda dalam konten berkualitas dengan berbagai bentuk, seperti sitasi, referensi, dan sumber informasi.
  • Comment backlink — terjadi saat Anda menyertakan backlink pada komentar dalam konten web lain. Jika tidak dilakukan secara berlebihan, jenis link ini bisa menghasilkan banyak traffic.
  • Do-follow backlink — backlink dofollow memberitahu mesin pencari untuk memperhatikan backlink ke score SEOnya.
  • No-follow backlink — nofollow backlink memberitahu mesin pencari untuk mengabaikan backlink tersebut dan tidak menghitungnya ke score SEO.

Nah, untuk tahun ini, agar Anda tidak terjebak dalam melakukan teknik SEO yang salah, maka beberapa kategori backlink buruk di bawah ini harus dicatat dengan baik, di antaranya :

1. Situs Web yang mendapat penalti dari Google

Blueprint Backlink, Sangat mudah mengetahui apakah blog atau web tersebut mendapat penalty oleh Google atau tidak, di antaranya bisa dilihat dari ranking webnya yang hilang dari pencarian setelah sebelumnya berada di urutan pertama.

Dalam case ini Anda bisa menggunakan http://www.whatsmyserp.com/serpcheck.php untuk mengecek ranking webnya berdasarkan kata kunci yang ditargetkan web tersebut.

(tinggal ketik alamat webnya di kolom ‘Domain Name’ lalu ketik di kolom “Keywords and SERP results” apa kata kunci utamanya, dan terakhir tinggal klik icon hijau berbentuk tanda panah melingkar di sampingnya). Selain itu, perhatikan trafiknya.

Jika trafik sebuah blog atau web semakin bulan semakin turun atau mungkin saja drop seketika, maka itu bisa menandakan bahwa ia mendapat penalti dari Google. Tool yang bisa digunakan untuk mengecek tingkat kunjungan sebuah web adalah http://similarweb.com/ 

Sekalipun demikian, bisa jadi ada faktor lain penyebabnya, misalnya karena webnya mulai ditinggalkan dan tidak lagi diurus oleh pemiliknya, maka dalam kasus seperti ini tidak bisa dikategorikan sebagai sumber backlink yang buruk.

2. Web yang sama sekali tidak ada kesamaan temanya dengan web Anda.

Kata ‘sama sekali tidak tidak ada kesamaan temanya’ berarti dari segi tema web tersebut dengan tema web anda cukup jauh berbeda.

Tapi, sekalipun beda tema kalau judul artikelnya dan anchor text di dalamnya bisa kita tentukan maka itu masih bisa dibilang punya relevansi, sekalipun efeknya tak sebagus kalau antara tema utama webnya dan anchor text-nya sama persis dengan tema web Anda.

Backlink relevansi merupakan faktor penting untuk SEO. Misalnya, jika situs Anda menjual suku cadang mobil, tetapi Anda memiliki link dari situs yang menjual pakaian, maka yang demikian dikategorikan sebagai link yang buruk.

Kecuali, kalau misalnya anda bisa minta izin posting artikel di web tersebut dan judul artikelnya serta anchor text linknya bisa disesuaikan dengan kata kunci yang Anda targetkan. Karena backlink yang terbaik adalah yang ada dalam artikel dan anchor textnya sesuai dengan kata kunci web kita.

3. Web yang banyak berisi konten singkat dan kurang bermanfaat.

Umumnya, web dengan konten singkat bisa dipastikan kalau pemiliknya tidak mengurusnya dengan baik dan tentunya manfaatnya juga kurang karena ilmu yang dibagi di dalamnya juga seadanya. Jadi, sebaiknya hindari web semacam ini.

Beberapa contoh web yang masuk kategori di atas adalah seperti web sosial bookmark dan artikel direktori. Dua contoh web di atas dulu begitu bagus untuk optimasi SEO, tapi sekarang tidak lagi dan bahkan dihindari.

4. Web Direktori yang berkualitas rendah.

Web direktori adalah web yang menampilkan dan mengulas berbagai situs di dalamnya. Di atas sudah disebutkan juga.

Ya, alasannya karena umumnya web seperti ini memang hanya ditujukan untuk tempat mencari backlink dan artikelnya singakat-singkat dan tentunya juga kurang manfaat menurut Google.

5. Web yang membangun backlink secara otomatis (bukan manual).

Sekarang ini masih banyak pemilik web yang melakukan teknik SEO mencari backlink dengan mesin otomatis. Padahal, kemampuan Google saat ini sudah sangat canggih dan mampu mendeteksi mesin semacam itu.

Oleh karena itu, baiknya hindari memasang backlink dari situs semacam itu. Ciri web yang dimaksud di antaranya yang memiliki ribuan backlink padahal umur webnya baru beberapa bulan. Kalau mau tau data backlink dari web semacam itu, cek di https://ahrefs.com/backlink-checker 

6. Backlink dari direktori seperti EzineArticles dan lainnya.

Sebenarnya web artikel direktori semacam ini masih bisa dijadikan sebagai sumber backlink kita. Hanya saja, umumnya situs seperti ini penggunanya banyak yang

memposting artikel copas dan dari hasil spin (membuat artikel jadi unik dan berbeda dengan hasil copasnya dengan menggunakan mesin spinner artikel).

Jadi, tidak apa memasang link di situs directory artikel, selama webnya belum ditandai Google sebagai situs directori buruk. Cara membedakan antara web direktori yang baik dan buruk memang tidak mudah.

Saran, biar aman maka lebih baik hindari memasang link dari situs web direktori yang sudah terkenal. Cukup cari yang situsnya sudah berumur dan jarang dikenal banyak blogger.

7. Web yang banyak berisi konton duplikat alias copas.

Kegiatan plagiat adalah sesuatu yang sangat terlarang, termasuk dalam dunia blogging dan bisnis internet lainnya. Itulah sebabnya Google juga sangat mewanti-wanti akan memberi penalty web yang dilaporkan melakukan pelanggaran tersebut

Salah satu cara mengecek apakah artikel dari web tersebut plagiat atau tidak adalah dengan menggunakan layanan http://www.copyscape.com/ (tinggal paste url artikel di kolomnya)

8. Blog networks atau jaringan.

Mungkin Anda sendiri sering mendapati blog yang dibuat untuk membangun jaringan dengan sesama blog yang di sidabarnya banyak link dari blog lain kan? Blog semacan ini, selain untuk tujuan persatuan antara mereka, juga untuk membangun backlink dengan mudah di antara mereka.

Backlink dari blog networks tidak bagus karena sudah jelas melanggar prinsip optimasi SEO tertinggi, yaitu NATURAL. Ya, karena link yang bagus adalah yang dipasang oleh pemilik web atau blog karena mereka senang dengan dengan web kita, bukan karena diminta apalagi dibeli.

Blog networks juga sudah termasuk di dalamnya tukar link sesama blogger. Kalau dulu, ini sangat sering dilakukan untuk menaikkan ranking, tapi sekarang tidak lagi. Alasan lainnya adalah karena linknya tidak satu arah (linknya saling menautkan).

9. Backlink dari footer dan widget, atau disebut juga sitewide link.

Blog networks yang dipasang di sidebar juga termasuk sitewide link karena linknya muncul di semua halaman web. Link yang diletakkan di bagian footer, sidebar, atau pun di widget web yang bisa menghasilkan sitewide link (link web muncul di semua halaman web) untuk saat ini banyak master SEO mengkategorikannya sebagai bad link atau link buruk.

Alasannya, karena Google menilai ini sebagai link yang tidak natural, dan memang dulu banyak sekali yang melakukan jual beli link dengan

penempatan link pada bagian-bagian tersebut. Lalu bagaimana jika sitewide link itu didapat bukan karena kita memintanya pada pemilik web, kan itu natural namanya?

Ya, itu bisa saja terjadi, tapi kembali lagi pada prinsip kualitas backlink terbaik, yaitu link yang diletakkan dalam artikel. Nah.. sitewide kan tidak?.

Jadi, selama sitewide linknya bukan dari blog atau web jasa jual link maka boleh2 saja, tapi pengaruhnya juga tidak akan begitu kuat untuk mengangkat ranking web Anda.

10. Situs bertema dewasa, perjudian, dan yang terlarang menurut UU.

Hampir semua pebisnis online tidak ada yang mau melanggar kebijakan hukum dalam negeri tempat ia melakukan bisnis, karena jika tidak usahanya bisa tutup.

Demikian juga Google, begitu menemukan situs yang dianggap melanggar aturan yang berlaku, maka seketika itu juga ia menghapusnya dari data mesin pencarinya.

Jika kamu menemukan situs pelanggaran semacam di atas, maka jangan sekali-kali memasang link di sana, karena bisa membuat reputasi dan ranking webmu jadi turun.

11. Komentar Spam

Dulu teknik SEO dengan berkomentar di berbagai blog pengaruhnya besar sekali dalam mengangkat ranking sebuah web. Tapi sekarang,

Google malah akan menghadiahi penalti pada web yang melakukan komentar terlalu banyak pada blog dan menggunakan kata kunci pada anchor textnya. Ya… so pasti…. alasannya karena tidak natural.

Selain itu, buat Anda pemilik web yang menyediakan kolom komentar di tiap artikelnya maka sebaiknya mulai dari sekarang lakukan filter untuk setiap komentar yang masuk.

Karena bila tidak… dan jika seandainya ada komentar dan link dari blog yang sudah dikategorikan spammer, maka ia akan ikut merusak ranking webmu juga, dan bahkan webmu bisa hilang dari pencarian Google.

Kesimpulan :

Dari poin-poin penting yang disebutkan di atas, saya ingin menambahkan miscellaneous dalam larangan-larangan soal backlink ini.

  • Jangan pasang link dalam artikel copas Jangan pasang link dalam artikel yang singkat
  • Jangan pasang link dengan anchor text yang sama dalam banyak blog sekaligus dalam sehari.
  • Jangan buat blog dummy untuk diisi 1-2 artikel saja, tapi usahakan dihidupkan dan diupdate juga artikelnya.
  • Jangan pasang link yang saling menautkan antara satu blog dummy dengan blog dummy lainnya (link piramid atau pun linkwheel) karena mudah terdeteksi google sebagai link tidak natural.
  • Jangan cari backlink dari ekstensi domain yang itu-itu saja, misalnya semua backlinknya dot com terus. Tapi variasikan juga dari ekstensi lain seperti .co.id, .org, .edu, .net, .top dan lainnya.
  • Jangan cari backlink dengan IP Address komputer yang itu-itu terus, tapi selingi dari komputer di warnet atau via HP.
  • Jangan memperbanyak backlink tapi minim kualitas, tapi tambah backlink secara berkala hanya dari web yang berkualitas.
  • Jangan berharap ranking dalam waktu seminggu-dua minggu, tapi bersabarlah untuk beberapa bulan kedepan (untuk keyword dengan persaingan rendah biasanya sekitar 3 bulanan).
  • Selain natural, jangan berhenti optimasi alias konsistensi karena ini juga mempengaruhi ranking. Jika kompetitormu bisa rutin setiap hari melakukan optimasi sedang kamu tidak, maka bisa dipastikan beberapa bulan kedepan ranking webmu akan kalah.
  • Sekalipun backlink kontekstual kuat efeknya, tapi jangan semua backlinkmu seperti itu. Usahakan dibuat beragam, seperti dari sitewide backlink, backlink dari profil, backlink dari gambar dll.
  • Selebihnya anda akan temukan sendiri dari pengalaman selama ngeblog dan rekomendasi backlink yang saya berikan.

Blueprint Backlink : Rahasia Faktor Rangking Terkuat Google

Rahasia Faktor Rangking Terkuat Google , Sebagaimana pepatah mengatakan bahwa ‘1 gambar lebih berarti dari 1000 kata-kata’ maka perhatikan gambar.

Rahasia Faktor Rangking Terkuat Google
Blueprint Backlink: Rahasia Faktor Rangking Terkuat Google

“Search Engine Ranking Factors” di bawah ini biar sobat semua bisa memahami dengan baik bagaimana cara kerja Google dalam memberikan ranking di mesin pencarinya.

1. Domain Trust / Authority

Ada yang membedakan antara domain trust dengan domain authority, tapi sebenarnya sama saja. Dan istilah yang paling popular digunakan adalah domain authority atau yang sering disingkat dengan DA.

Domain trust atau authority itu sendiri bisa diartikan dengan efek yang saling mempengaruhi dari banyak faktor SEO yang dapat membuktikan tingkat kualitas dan kepercayaan dari suatu domain atau web.

Karenanya, sekarang ini, pertarungan dalam optimasi web di mesin pencari semakin menantang dan bisa dibilang tidak melulu dikuasai dan dimenangkan oleh para master SEO.

Mengapa saya berkata demikian? Ya, coba perhatikan lagi gambar di atas dimana faktor kekutan domain menjadi tolak ukur pertama dalam menentukan ranking sebuah web.

2. Link Popularity

Link popularity adalah merujuk pada popularitas backlink webmu atau jumlah backlink yang mengarah ke webmu. Tapi, bukan hanya sekedar banyak, melainkan harus dari backlink yang high quality (berkualitas) juga.

Buat yang belum paham apa bedanya link dengan backlink, nah sedikit saya jelaskan apa maksud kedua istilah tersebut.

Jadi, link pengertiannya adalah ‘tautan’, baik itu dipasang di webmu maupun di web orang, selama itu bisa diklik dan mengarah ke sebuah halaman atau situs maka itu namanya link.

3. Anchor Text of Eksternal Link

Dulu, saya bicara lagi soal teknik SEO saat pertama kali ngeblog nih, teknik menanam backlink dengan anchor text yang persis sama dengan kata kunci yang ditargetkan sangat disarankan sekali, bahkan jadi wajib jika ingin ranking di Google.

Sebagai contoh:

Webmu mau ranking 1 di google dengan kata kunci “cara membuat blog”, maka caranya adalah dengan memasang link di berbagai web atau blog dengan anchor text yang persis dengan kalimat tersebut.

Seperti ini contoh kode linknya:

cara membuat blog

(kalimat ‘cara membuat blog’ dari kode di atas adalah anchor textnya)

4. On Page Optimization

Yang dimaksud dengan optimasi on-page adalah optimasi pada sisi web kita sendiri, mulai dari domain, theme-nya, title tag dan deskripsinya, navigasinya, artikelnya, gambarnya dan sebagainya yang hubungannya dengan web kita langsung.

5. Domain Registration and Hosting

A. Domain

Dulu, bicara dulu terus ya… maklum orang tua he he, domain jadi faktor penting juga dalam mengangkat ranking web. Kalau domainnya sesuai dengan kata kuncinya maka akan semakin mudah ranking di google.

Misalnya, tema blogmu ‘resep masakan jawa’ maka kalau domainnya www. resepmasakanjawa.com bisa dipastikan akan mengalahkan banyak web yang tidak menerapkan teknik ini.

Tapi, itu dulu… sekarang tidak lagi!

Lha…kalau tidak masuk lagi dalam faktor SEO web lalu kenapa gambar grafik di atas ada persentasenya?

Kalau saya bilang “sekarang tidak lagi!” maka itu artinya pengaruhnya terhadap SEO tak sekencang dulu lagi karena bukan jadi pertimbangan utama dari algoritma google

B. Hosting

Adapun mengenai hosting, ini penting sekali karena erat kaitannya dengan performa web anda saat dikunjungi, Google dan para master SEO menyebutnya “site speed” atau kecepatan loading web.

Sejak tahun 2010 Google sendiri telah memberikan pernyataannya bahwa mulai tahun tersebut site speed maupun page speed telah dimasukkan sebagai salah satu sinyal ranking yang baru dalam algoritma ranking pencariannya. Ulasannya bisa anda baca di blog Google langsung :

webmasters.googleblog.com

6. Traffic and Visitor Performance

Maksud dari judul sub bab di atas bahwa ranking suatu web juga sangat dipengaruhi oleh histori aktifitas pengunjungnya dan juga lalu lintasnya.

Maksudnya begini, jadi Google dalam menilai apakah sebuah web berkualitas atau tidak maka ia juga perlu tahu bagaimana pengalaman penggunanya sebelumnya, nah barulah setelah itu algoritma-nya akan menghitung dan menentukan rankingnya.

Ini artinya, salah satu cara agar bisa menaikkan ranking webmu maka kamu juga harus bisa menganalisa bagaimana tingkah laku pengunjung webmu sebelumnya.

Dan untuk itu saya menyarankan menggunakan Google Analytic (https://analytics. google. com/). Di dalamnya hampir semua data penjelajahan situs anda tercatat.

7. Social Media

Bisa dibilang ini masuk faktor ranking ‘abu-abu’ yang baru dalam teknik SEO semejak booming-nya sosmed di seantero belahan dunia, termasuk juga di Indonesia.

Saya katakan abu-abu karena para master SEO masih berbeda pendapat soal apakah sosmed mempengaruhi ranking web atau tidak?

Sekalipun kenyataannya google tidak bisa mengindeks semua twit di Twitter dan juga status di Facebook, Google Plus dan sosial media lainnya, tapi kebiasaan laba-laba google dalam melakukan crawl atau perayapan pada semua situs, termasuk sosmed, maka share artikel di situs-situs semacam itu tetap punya pengaruh pada ranking webmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please enter comment in Japanese. (Anti-spam)